Saya yakin kalo Anda pasti pernah mendengar tentang bermain piano dengan keyboard PC/Laptop. Hal sudah tidak terlalu asing bagi kita semua. Tapi ini berbeda, kita dapat belajar piano, bermain piano dengan mengikuti MIDI, dan yang lebih dahsyatnya lagi kita bisa bermain piano dengan keyboard(piano) beneran yang disambungkan ke laptop dengan USB layaknya Joystick. Pada dasarnya, Synthesia adalah game. Pernahkah anda mendengar game Guitar Hero? Game ini persis seperti Guitar Hero, yang membedakan hanya ini adalah simulator khusus piano . Ini adalah game simulasi piano dimana player bisa memilih lagu yang diinginkan untuk dimainkan dengan menggunakan keyboard atau external MIDI controller. Untuk lagunya sendiri menggunakan format MIDI (.mid) dan tidak ada editor internal nya. Game ini sudah versi full, namun ada fitur Learning Pack yang berfungsi untuk media pembelajaran yang sekarang bisa dibeli seharga $39 untuk Synthesia 0.8.3 (Lumayan mahalnya). Tapi Anda tidak usah khawatir dengan harga sebesar itu, disini Saya membagikannya secara cuma - cuma alias gratis. Sayangnya, disini akan membagikan Synthesia 0.8.2 namun sekarang Saya membagikan Synthesia 0.8.3. Tapi itu tidak jadi masalah buat Anda, Saya pun menggunakan Synthesia 0.8.2. Nah, sekarang tidak perlu saya jelaskan secara panjang lebar lagi karena Saya yakin anda sudah terbayang dengan game ini.

Nih Screenshootnya


























































Langsung saja dibawah ini link downloadnya
Synthesia 0.8.2
Password: indosoft7

Tutorial insert song to game:
1. Pastikan filenya berformat *.mid
2. Setelah di download, move/copy file ke My Documents\Synthesia Music atau di Windows 7 Documents\Synthesia Music
3. Jalankan program Synthesia, klik Play. Lihat di daftar lagunya, kalau ada lagu baru sukses di add.
4. Jika tidak ada klik tombol +Add di sebelah kiri atas menu Play. Dan include kan folder tempat kita menyimpan MIDI yang ingin kita mainkan.
5. Enjoy playing your new own song!

Untuk Anda yang pengen download MIDI gratis, silahkan kunjungi disini

Tutorial menghubungkan keyboard piano ke Synthesia:
Gunanya? Supaya keyboard bisa berfungsi sebagai controller game Synthesia. Amazing isn't!

Bahan-bahan:
1. Laptop/komputer yang sudah terinstall Synthesia (di ane versi 0.81)
2. Keyboard(piano, bukan keyboard komputer)
3. Kabel USB untuk konekin laptop ke keyboard
4. Kabel IN/OUT MIDI (optional)

Sudah? Go here!
1. Pastikan keyboard nya kompatibel untuk dihubungkan ke laptop. Cara paling mudah mengetahui ini tinggal lihat di belakang keyboard, ada colokan in/out MIDI nya atau enggak.
2. Keyboard ane Yamaha PSR 2100, jadi ane cukup modal kabel USB dari keyboard ane ke lepi. Ga tau gimana buat keyboard yang lain apakah sama atw ga.
3. Ane tinggal download driver. Buat yg Yamaha ini linknya Yamaha Driver USB to MIDI
4. Sewaktu menginstall harap keyboard di konekin dalam kondisi menyala.
5. Setelah sukses di detect, lihat di device manager di bagian input. Taraaaaa, ada nama Yamaha nongol disana.
6. Jalankan program Synthesia, klik keyboard setup dan ganti input dan output panel ke Yamaha.
7. Belum selesai gan, sekarang klik bagian bawah di "Change software keyboard setting". Klik gambar pianonya dan tekan tuts keyboard yang ujung paling kiri dan ujung paling kanan. Setelah itu di pilihan "Played by You" ane pilih yang ketiga, gunanya kalau ada tuts yang harus dipencet diluar range keyboard ane biar itu dimainkan oleh Synthesia.
8. Selesai gan, enjoy playing.

Namun sayang, sekarang Saya masih dalam tahap mimpi untuk beli keyboard(piano) jadi Saya belum pernah mencoba langsung dengan keyboard(piano) sebagai control

4 komentar:

  1. Mantep gan, tapi ane juga sama bloom bisa beli keyboard nya

    BalasHapus
  2. gan harus pake keyboard asli ya biar tuts di piano nya penuh ??
    soal nya klo pke keyboard laptop/kompi ga sampe smuanya cuma sampai kaya Screenshoot di atas tampilan ga bisa full tuts ~_~..
    mohon pencerahannya gan .. nice info ^^
    thanks^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, kalo pake keyboard asli juga mungkin itu ga penuh, kalo tuts di keyboard aslinya dikit.. hehe..
      kalo pake keyboard asli harus pake MIDI Interface atau Midi to USB. kalo pake keyboard komputer/laptop juga bisa, tapi agak susah sih,,,

      Hapus
  3. BISA GAN SEMUA PAKE KEYBOARD KOMPI !!
    TADI GA SENGAJA ACAK2 FULL TONS'A

    COBA ACAK2 DULU NANTI TAU SENDIRI

    BalasHapus

Demi kemajuan blog ini, berilah Saya sedikit saran, kritik, ataupun komentar.
Saya sangat berterima kasih jika Anda bisa memberikan komentar.

 
Top